Jumat, 30 Maret 2012

“Rehabilitasi Mental”


Instalasi Rehabilitasi Medik

RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang

“Rehabilitasi Mental”


Adalah suatu rangkaian upaya yang terkoordinasi yang meliputi upaya medis, sosial, dan vocational (untuk mengembalikan kemampuan fungsional pasien ke masyarakat.

Tujuan Rehabilitasi Mental antara lain :
  1. Mempersiapkan pasien agar mampu menyesuaikan diri baik perorangan maupun sosial, secara optimal sehingga pasien dapat berfungsi kembali sebagai warga masyarakat yang berguna.
  2. Melatih pasien di latihan kerja sehingga pasien dapat belajar, mengembangkan kreatifitas dengan kapasitas maksimal

Jenis Pelayanan yang disediakan :

  1. Seleksi, Evaluasi dan Konsultasi :
Suatu tindakan wawancara, observasi, dan konsultasi untuk menentukan program kegiatan yang sesuai dengan kemampuan rehabilitant.
  1. Okupasi Terapi
Kegiatan untuk membangkitkan aktivitas positif dan bersifat terapiutik.
Tujuanya yaitu meningkatkan daya konsentrasi, meningkatkan kemampuan berkomunikasi serta daya ingat dan meningkatkan kemampuan berkreatifitas. Kegiatan yang dilakukan antara lain : Diskusi, Terapi Gerak / Olahraga, Terapi Bermain, Terapi Rekreasi, Terapi Kelompok ( Group Theraphy ), Terapi Religius / Spiritual, Adl ( Activity Daily Life ), Terapi Musik, dan kegiatan lainnya yang dapat menunjang proses kesembuhan.  

  1. Latihan Kerja
Merupakan proses kegiatan kerja yang memberi kesempatan bagi pasien untuk memperoleh kecakapan kerja yang tidak lepas dari terapi dan resosialisasi.




INFORMASI :
Instalasi Rehabilitasi Medik
RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang
Jl. A. Yani, Lawang, Malang, Jawa Timur, 65208
Telp. (0341) 426015 , 429067, Ext. 2219

Jadwal Pelatihan Pendidikan dan Pelatihan RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang tahun 2012


*click gambar untuk memperbesar

Keterangan :

JUDUL PELATIHAN
PELAKSANAAN
Manajemen Laundry
April, minggu ke 3
Pengoperasian Scanner
April, minggu ke 4
Asuhan Keperawatan Jiwa
Mei, minggu ke 3
Manajemen INNOS dan Patient Safety
Juni, minggu ke 3
Jurnalistik
Juni, minggu ke 2
Perawatan Luka Pasca Operasi
Juni, minggu ke 4
Manajemen Keperawatan
Juli, minggu ke 4
Manajemen Penanggulangan Bencana
Juli, minggu ke 1
BLS
September, minggu ke 1
BLC
Mei, minggu ke 1
Tehnik Penanganan Trauma Terkini
Juli, minggu ke 2
Manajemen Kediklatan
Oktober, minggu ke 4
Peningkatan Pelayanan Publik
September, minggu ke 4
Pelatihan TOT Lanjutan
November, minggu ke 2
Psikiatri Sub Spesialistik
November, minggu ke 3
Rehabilitasi
Mei, minggu ke 4

INFORMASI :



DIKLIT ( Pendidikan dan Pelatihan )
RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang 
Jl. Jend. A.Yani Lawang, Malang, Jawa Timur
Telp (0341) 426015, 429067, 
Fax : (0341) 423785

Up : Drs. H. Gatot Sugiarto, P.Si, M.Si      ( 08113606447 )
        dr. Nani Wulandari                               ( 081233256965 )
        Susiati,SST,S.Pd                                     ( 08125263864 )





Rabu, 28 Maret 2012

LAYANAN LENGKAP DAN MODERN DI KLINIK FISIOTERAPI RSJ Dr. RADJIMAN WEDIODININGRAT LAWANG


Mungkin bagi sebagian kalangan masih menganggap bahwa RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang adalah RS untuk orang-orang yang mengalami gangguan jiwa saja. Demikian juga untuk layanan Fisioterapi, masih sangat sedikit masyarakat yang tahu bahwa di RS ini juga mempunyai Klinik Fisioterapi yang dibuka untuk umum. Padahal sebenarnya Fisioterapi sangat berperan dalam kondisi nyeri leher, punggung bawah, persendian, kaku sendi, pemendekan otot (kontraktur), kelemahan otot, wajah mencong (bells palsy), pemulihan kondisi pasca stroke, tumbuh kembang anak, latihan untuk kondisi pasca operasi, cidera olahraga dan lain-lain.
Karena besarnya peranan Fisioterapi dalam menunjang kesembuhan pasien, RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang senantiasa berusaha meningkatkan pelayanan dan melengkapi Klinik dengan alat-alat yang memadai, lengkap dan modern. Dengan modalitas yang lengkap seperti : SWD, US/Ultrasound Therapy, Electrical Stimulation, TENS, Laser, Stereodynator, Traksi Tumbal dan Traksi Cervical, Quadriceps Bench, Static Bicycle, Gymnasium serta beberapa alat bantu (kruk,corset,walker,tripod dll). RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang telah memenuhi standart ISO 9001:2008 dan terakreditasi dengan status penuh tingkat lengkap, termasuk didalamnya pelayanan Fisioterapi Rehabilitasi Medik. “Bahkan tahun ini Manajemen RSJ Lawang juga merencanakan akan menambah beberapa alat baru untuk meningkatkan pelayanan di klinik ini, selain itu kami juga menerima rujukan pasien ASKES, Jamkesmas, dan umum. Untuk meringankan biaya terapi, Klinik Fisioterapi juga melayani sistem paket, satu paket terdiri dari 5 kali tindakan dengan tarif khusus” terang Padni Wiyarti, Amd.Fis, Kepala Ruang Fisioterapi.
Disamping itu Klinik Fisioterapi di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang ini juga memiliki beberapa peralatan unggulan yang jarang dimiliki oleh RS lain diantaranya :

  • Topra Terapi : suatu modalitas Fisioterapi yang menggabungkan tekhnologi stimulasi elektris, vacum dan terapi hangat. Alat ini memungkinkan untuk bisa digunakan dalam pengurangan nyeri, stimulasi serta relaksasi. Dalam kasus kronis, alat ini sangat membantu proses kesembuhan pasien, dengan jangka waktu yang singkat.
  • TMS (Transcranial magnetic Stimulation) : suatu modalitas yang canggih yang dapat digunakan untuk diagnosa gangguan di syaraf/otak dan pengobatan untuk kasus-kasus jaringan otot, tulang, syaraf dan persendian. Kelebihan lainnya daya stimulasinya lebih dalam sehingga pengobatan lebih maksimal dan kesembuhan pasien juga lebih cepat.  Dalam hal ini TMS dapat digunakan untuk pengurangan nyeri leher, bahu, punggung, dan lainnya.


Dengan suasana ruangan yang nyaman, memadai dan ber AC,  serta tarif yang terjangkau, Klinik Fisioterapi RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang melayani kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang bermutu. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Klinik Fisioterapi RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang, Tlp : 0341-426015, 429067 ext: 1253. (srs)

Senin, 26 Maret 2012

Bina Kesehatan Jiwa Lewat Penyuluhan


Upaya Menekan Diskriminasi terhadap Orang dengan Masalah Kejiwaan

Malang, Berbagai masalah kejiwaan  banyak melanda masyarakat disikapi instalasi penyuluhan kesehatan masyarakat rumah sakit ( PKMRS ) RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. Salah satunya, dengan menggelar upaya pencegahan gangguan jiwa masyarakat melalui penyuluhan.
Tri Sedjati, SKM, Kepala Instalasi PKMRS RSJ Dr.Radjiman Wediodiningrat Lawang membeberkan, instalasi itu dibentuk karena selama ini kesehatan jiwa kurang mendapat perhatian dari berbagai pihak. Bahkan, program kesehatan jiwa pun mendapat prioritas rendah dibanding program kesehatan lainnya.
Tak hanya itu, pelanggaran HAM juga terjadi pada Orang Dengan Masalah Kejiwaan (OMDK) mereka mendapat perlakuan tidak manusiawi dari lingkungan sekitar. Kebanyakan dari mereka mengalami diskriminasi, dipasung, atau dikurung oleh keluarganya, ditelantarkan, juga kerap mengalami penganiayaan.
“PKMRS ini tak hanya memberikan penyuluhan, tetapi juga konsultasi kesehatan jiwa dengan mengadakan integrasi usaha kesehatan jiwa dalam usaha kesehatan jiwa masyarakat” terangnya.
Juga mengadakan kerjasama dengan instalasi lain (lintas sektor) dalam menanggulangi masalah kesehatan jiwa. Menurutnya, kegiatan sejenis ini dilakukan oleh psikiater dibawah koordinasi PKMRS. Berbagai kegiatan sering dilakukan, seperti penyuluhan dalam rumah sakit (penyuluhan rawat jalan, penyuluhan rawat inap, penyuluhan mahasiswa praktik), dan penyuluhan luar rumah sakit (dinas kesehatan, puskesmas, UPTD Pendidikan dan Sekolah), serta pembinaan lansia, Posyandu Lansia Sumber Porong, Lansia Singosari, xang bekerjasama dengan yayasan Gerontologi Abiyoso), konseling (helpline service dan konseling di rawat jalan). Lalu, paguyuban jiwa sehat bekerjasama dengan KPSI (Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia). Bahkan jejaring pelayanan kesehatan jiwa atau community mental health program dan integrasi pelayanan kesehatan jiwa.
Integrasi pelayanan kesehatan jiwa tersebut bekerjasama dengan RSUD Kepanjen, Puskesmas Sekarsono Pasuruan, dan Puskesmas Rejoso, Nganjuk) Yang menarik, instalasi PKMRS juga membina paguyuban kesehatan jiwa. Paguyuban ini bekerjasama dengan KPSI (Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia) simpul Malang.
Melalui wadah itu, pasien atau keluarga pasien bisa berbagi pengalaman dengan psikiater, tenaga medis, mahasiswa, dan orang-orang yang peduli akan kesehatan jiwa” terang Tri. 

Fasilitas Pelayanan NAPZA RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang


Psikogeriatri RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang


Graha Holistika Husada RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang





Fasilitas Pelayanan Rawat Inap RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang








Selasa, 20 Maret 2012

PENANDATANGANAN DEKLARASI PELAYANAN PRIMA

Lawang,
Dalam rangka mendukung terlaksananya pelayanan prima dengan menitikberatkan pada keselamatan pasien dan kepuasan pelanggan dan  terpenuhinya syarat pelayanan prima yaitu Reliability, Responsif, Makes Customer Feel Value, Emphaty dan Competency maka Senin, 19 Maret 2012, RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang menggelar acara Penandatanganan Deklarasi Pelayanan Prima.
            Bertempat di halaman kantor kesekretariatan RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang, pada kesempatan itu Direktur Utama, Dr. Bambang Eko Sunaryanto,SpKJ membacakan naskah komitmen pelayanan prima yang diikuti oleh seluruh staf dan karyawan karyawati RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. Adapun isi naskah tersebut sebagai berikut :



1.     Menerapkan pola kesederhanaan dalam pelayanan yang diselenggarakan secara mudah, lancar, cepat, dan tidak berbelit-belit serta mudah dipahami dan dilaksanakan

2. Kejelasan dan kepastian dalam proses pelayanan meliputi prosedur tekhnis dan administratif

3.    Keselamatan dan keamanan dalam proses pelayanan serta dapat memberikan kepastian hukum

4.     Keterbukaan dalam prosedur, persyaratan, pemberi pelayanan, waktu penyelesaian dan rincian biaya dan hal lain yang berkaitan dengan proses pelayanan wajib diinformasikan secara terbuka

5.     Efisien dalam pencapaian sasaran pelayanan dengan tetap memperhatikan keterpaduan antara persyaratan dengan produk pelayanan yang diberikan

6.   Ekonomis memperhatian antara pelayanan yang diberikan dengan kemampuan pelanggan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku

7.     Keadilan yang merata dalam cakupan atau jangkauan pelayanan dengan distribusi yang merata dan diperlakukan secara adil

8.   Ketepatan waktu dalam pelaksanaan pelayanan dan dapat diseldsaikan dalam periode waktu yang telah ditentukan



Setelah naskah komitmen pelayanan prima selesai diucapkan, dilanjutkan penandatangan naskah oleh Direktur Utama disaksikan Drs. I Wayan gara, M.Kes  selaku Sekretaris Dewan Pengawas RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang sebagai wujud kesepakatan terhadap komitmen tersebut dilanjutkan penyematan pin yang diikuti pula oleh seluruh karyawan karyawati RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang.  Pada kesempatan yang sama, Dr. Bambang Eko Sunaryanto,SpKJ, Direktur Utama menyampaikan harapannya agar komitmen tersebut tidak sekedar lip service namun benar-benar dilaksanakan dan dipegang teguh oleh seluruh pegawai RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. (srs)


Senin, 19 Maret 2012

TARIF PELAYANAN PENDIDIKAN DAN PENELITIAN RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang



Dalam rangka untuk meningkatkan dan kelancaran pelayanan Diklit di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang, maka diputuskan tarif yang berlaku mulai tanggal 1 Maret 2012 adalah sebagai berikut :

JENIS LAYANAN
RINCIAN BIAYA /orang/hari 
 JUMLAH                       BIAYA
KETERANGAN
NO
PRAKTEK KERJA  LAPANGAN                                    ( PKL )
JASA RUMAH SAKIT
JASA PELAYANAN
Jasa Sarana
Asrama
1
PKL SETINGKAT SMU/ SMK
4.000
5.000
3.000
12.000

2
PKL SETINGKAT AKADEMI / D III
4.000
5.000
7.000
16.000

3
PKL PSIK  / SETINGKAT STRATA 1
4.000
5.000
8.000
17.000

5
PKL FAKULTAS .KEDOKTERAN
4.000
5.000
23.000
32.000

6
PKL PASCA SARJANA/ MAGISTER
4.000
5.000
23.000
32.000

7
MAGANG TENAGA KESEHATAN
50.000
-
115.000
165.000
kegiatan min.10 hari dengan 2 org peserta



JENIS PELAYANAN
RINCIAN BIAYA /orang/hari 
 JUMLAH                       BIAYA
KETERANGAN
NO 
KUNJUNGAN PENDIDIKAN                                                   ( kunjungan sehari ) 
JASA SARANA
JASA PELAYANAN
1
Setingkat Akademi, Strata 1
9.000
11.000
20.000

2
Setingkat SLTA/ SMK
9.000
6.000
15.000

3
Setingkat SLTP
7.000
3.000
10.000

4
Organisasi sosial
3.000
3.000
6.000

5
Kunjungan Studi Banding
50.000
145.000
195.000
kegiatan min.1 hari dengan 3 org peserta.



JENIS PELAYANAN
RINCIAN BIAYA /orang/hari 
 JUMLAH                       BIAYA
KETERANGAN
NO 
KUNJUNGAN PENDIDIKAN                                                   ( kunjungan sehari ) 
JASA SARANA
JASA PELAYANAN
1
SETINGKAT AKADEMI / D III
20.000
75.000
95.000

2
SETINGKAT STRATA 1
40.000
90.000
130.000

3
SETINGKAT STRATA 2
50.000
120.000
170.000




JENIS PELAYANAN
RINCIAN BIAYA /orang/hari 
JUMLAH                       BIAYA
KETERANGAN 
NO
KONSULTAN PENELITIAN
JASA KONSULTASI  1 X PERTEMUAN
( max. 1 jam )
Jasa Sarana                
Jasa Konsultasi
1
DOKTOR
-
150.000
150.000

2
PSIKIATER
-
150.000
150.000

3
MAGISTER KESEHATAN (,PSIKOLOG ,PERAWAT ,DLL )
-
100.000
100.000

4
SARJANA KESEHATAN STRATA 1
( PERAWAT, PSIKOLOGI, EKONOMI, DOKTER, DLL )
-
75.000
75.000




NO
JENIS PELAYANAN
RINCIAN BIAYA /orang/hari 
JUMLAH BIAYA
PEMBERI MATERI KHUSUS  @ 1 Jam
Jasa Sarana                
Jasa Pemateri
1
PSIKIATER
50.000
150.000
200.000
2
DOKTER UMUM
25.000
100.000
125.000
3
PERAWAT SARJANA
15.000
75.000
90.000



NO
JENIS PELAYANAN
RINCIAN BIAYA /orang/hari 
JUMLAH BIAYA

KETERANGAN

KEGIATAN UJIAN KEPERAWATAN
Jasa Sarana                
Jasa Penguji
1
KEGIATAN UJIAN KEPERAWATAN UNTUK JENJANG D.III DAN STRATA 1 ATAU YANG SETARA
-
50.000
          50.000



*) Biaya makan / snack tentatif

INFORMASI :
DIKLIT RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang
Jl. A. Yani Lawang - 65208, Telp (0341) 426015 , 429067
Fax ( 0341 ) 423785 )