Senin, 27 April 2015

PELATIHAN PENINGKATAN MUTU & KESELAMATAN PASIEN 2015



Saat ini rumah sakit penyedia pelayanan kesehatan jiwa di Indonesia semakin berkembang, kondisi tersebut diiringi dengan semakin tingginya tuntutan masyarakat akan fasilitas kesehatan yang berkualitas dan terjangkau. Menghadapi fenomena tersebut  RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat sebagai institusi penyedia pelayanan kesehatan jiwa, dituntut untuk dapat bersaing dan terus meningkatkan kompetensi dalam menjawab tuntutan masyarakat.
Tanggung jawab peningkatan kualitas pelayanan dan keselamatan pasien tidak hanya diemban oleh tenaga medis atau perawat yang bersentuhan langsung dengan pasien. Akan tetapi hal tersebut merupakan tanggung jawab semua  karyawan RSJRW. Maka sebagai bentuk partispasi aktif RSJRW dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, pada tanggal 22 dan 24 April 2015, RSJRW mengadakan pelatihan Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien yang diperuntukan bagi seluruh perwakilan karyawan. Secara umum pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pada anggota komite penjamin mutu dan keselamatan pasien sesuai standar peningkatan mutu dan keselamatan pasien sesuai standar internasional akreditasi rumah sakit.
 Pelatihan pertama pada tanggal 22 April 2015, secara simbolis dibuka oleh Direktur SDM dan Pendidikan Ibu Drg. Nurini Widayani M.Kes dengan disaksikan oleh Pejabat Struktural. Pelatihan pada tanggal tersebut dihadiri oleh  40 peserta yang berasal dari tenaga medis, keperawatan dan non-medis. Pelatihan  kedua yang dilangsungkan pada tanggal 24 April 2015 ini dikhususkan bagi 75 peserta yang berasal dari Jajaran Direksi, dan para pejabat struktural dan fungsional RS. Sebelum serangkaian acara pelatihan berlangsung,  Bapak dr. Bambang Eko Sunaryanto Sp.KJ.,MARS selaku Direktur Utama RSJRW, menyampaikan pengarahan kepada seluruh peserta pelatihan mengenai perkembangan teknologi pelayanan kesehatan yang semakin maju dalam upaya meningkatkan pelayanan RS yang prima.
Beberapa materi penting yang menjadi pokok bahasan utama dalam pelatihan ini diantaranya mengenai Dasar-dasar Peningkatan Mutu Rumah Sakit, Keselamatan Pasien Rumah Sakit dan Evaluasi Mutu dan Keselamatan Pasien yang berdasarkan standart Internasional. Selama pelatihan berlangsung dr. Ika Nufarida, MD, M.Sc, Sp.KJ sebagai pemateri utama, tidak hanya menyampaikan materi pelatihan namun juga mengajak peran aktif seluruh peserta pelatihan untuk bersama-sama mengevaluasi kinerja pelayanan yang telah dilakukan untuk kemudian ditingkatkan sesuai dengan standart yang telah ditentukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar