Senin, 17 Juni 2013

Hari Lansia Nasional 2013


RSJRW melalui pelayanan unggulan berupa pusat pelayanan kesehatan jiwa usaha lanjut/psikogeriatri turut memperingati Hari Lansia Nasional 2013. Guna memperingati hari lansia dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan usia lanjut, tim Instalasi Psikogeriatri RSJ Dr.Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) menyelenggarakan serangkaian kegiatan.

Kegiatan yang selenggarakan antara lain ;

Seminar Sehari Lintas Generasi 

Diadakan di Gedung Semeru RSJRW pada 23 Mei 2013 dengan diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari perwakilan Pelajar SD-SMA se-Lawang, Pengajar SD-SMA se-Lawang, Mahasiswa Diploma dan Stikes se-Lawang, Dosen Diploma Stikes se-Lawang, Kelompok Kader Lansia se-Lawang, dan Panti Wreda se-Lawang.



Lomba Pasien


Dengan sasaran rehabilitan usia lanjut yang dirawat di Ruang Betet dan Kenanga RSJRW, lomba Pasien diadakan pada 10-14 Mei 2013 di Ruang Psikogeriatri. Para rehabilitan mengikuti delapan macam perlombaan seperti lomba menendang bola ke gawang, lomba memasukkan bola basket, lomba bowling, lomba makan kerupuk, lomba berhias, lomba mengenali bumbu, lomba makan kerupuk, dan lomba memasukkan bola kekeranjang.





Pelatihan ADL Lansia

Dilaksanakan pada 27 Mei 2013 di Singosari, tim narasumber dari instalasi psikogeriatri RSJRW memberikan pelatihan ADL Lansia kepada Care Giver di wilayah Singosari dengan metode caramah dan praktek.

Senam Lansia


Dilaksanakan pada 29 Mei 2013 bertempat di halaman Ruang Psikogeriatri RSJRW, diikuti oleh kurang lebih  200 orang yang terdiri dari beberapa kelompok lansia yang berasal dari wilayah Malang. Selain senam, juga digelar acara “Lansia Mencari Bakat” yang tak kalah meriah. Para lansia berlomba-lomba unjuk kebolehan, dari menyanyi, membaca puisi, dansa, dan menari. Hadir pula dalam kegiatan hari itu, tim Singapore International Foundation (SIF) yang datang untuk memberikan materi pada Seminar Umum tentang ADL Lansia.



Seminar Umum tentang ADL Lansia 

Dinarasumberi oleh tim Singapore International Foundation (SIF), seminar Activities of Daily Living Lansia dihadiri oleh mahasiswa praktikan di RSJRW, tenaga medis dan tim psikogeriatri RSJRW.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar