Kamis, 27 April 2017

EMO-CAFE WORLD HEALTH DAY 2017



7 April setiap tahunnya diperingati sebagai  Hari Kesehatan Sedunia (HKS) / World Health Day. “Depression: Let’s Talk” menjadi tema global peringatan HKS tahun ini, menurut WHO depresi dapat dialami manusia di segala usia, dari semua lapisan masyarakat, di semua negara. Depresi berdampak pada kemampuan manusia untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari bahkan pada aktivitas paling sederhana. Seringkali Depresi juga menghancurkan hubungan bersama keluarga dan lingkungan serta menurunkan kemampuan pribadi untuk mencari nafkah. Depresi dapat dicegah dan diobati, pemahaman yang lebih baik mengenai Depresi akan membantu mengurangi stigma yang melekat dan mendorong lebih banyak orang yang mencari bantuan keluar dari Depresi yang membelenggunya.
Pada kondisi terburuk Depresi dapat menjadi penyebab seseorang melakukan bunuh diri, saat ini Depresi menjadi penyebab utama kedua kematian pada usia 15-29 tahun.Fase usia remaja merupakan tahapan perkembangan yang rentan mengalami depresi. Masa remaja menjadi momen transisi perkembangan fisik dan mental yang terjadi antara masa anak-anak dan masa dewasa. Berbagai tantangan dan problematika kehidupan mulai muncul dalam kehidupan mereka. Banyak remaja tidak tahu apa yang dapat mereka lakukan untuk membuat perasaan mereka lebih baik.

RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) sebagai penyedia layananan kesehatan khusus jiwa, pada momen HKS  tahun ini turut berpartisipasi dalam mengurangi resiko depresi pada remaja. RSJRW bekerjasama dengan Poltekes Kemenkes Malang Prodi Lawang menyelenggarakan Emo-Cafe World Heatlh Day 2017 dengan melibatkan Psikiater, Psikolog, Perawat, Dosen dan Mahasiswa. Secara umum acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai depresi dan bagaimana menumbuhkan keberanian remaja untuk bercerita mengenai masalah yang dialaminya sesuai dengan tema HKS tahun ini. Peserta dibagi menjadi 6 kelompok dimana masing kelompok terdiri atas 8-10 peserta.
Tiap kelompok dalam durasi yang telah ditentukan secara bergantian melewati 6 station dimana pada tiap stationnya peserta diwajibkan menyampaikan gagasan dan berdiskusi sesuai dengan tema yang telah disiapkan. 6 station tersebut yakni:
1.         Station - Apakah Stress Itu?
2.         Station - Apakah Emosi itu? Bagaimana Manifestasi Emosi yang Tampak dari Luar?
3.         Station – Bagaiamana Emosi Mempengaruhi Relasi Sosialmu?
4.         Station – Bagaimana Coping Mechanism-mu? Efektifkah?
5.         Station – Apakah Depresi Itu? Apa Dampaknya?
6.         Station – Bagaimana Kawan yang Sedang Depresi.
Acara yang berlangsung pada Selasa 11 April 2017 ini berlangsung lancar dan disambut antusias oleh para mahasiswa(hukormas & pkrs rsjrw 0341-426015).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar