Senin, 15 Mei 2017

HIDUP SEHAT DIAWALI DENGAN CUCI TANGAN YANG BENAR


World Hand Hygiene Day

Hingga saat ini kegiatan mencuci tangan belum menjadi budaya di masyarakat Indonesia pada umumnya. Promosi dan edukasi mengenai cara cuci tangan yang benar dan saat yang tepat untuk mencuci tangan masih perlu ditingkatkan. Bertepatan dengan momen World Hand Hygiene Day (WHHD), RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) melalui Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit (PPIRS) menyelenggarakan Sosialisasi dan Edukasi Kebersihan Tangan. Sesuai dengan tema WHHD tahun 2017 Fight Antibiotik Resistance – It’s in your hands PPIRS mensosialisasikan bahwa penggunaan antibiotik yang cermat dan bijak menjadi langkah tepat memerangi kasus resistensi antibiotik. Resistensi antibiotik dapat diturunkan jika kita rajin mencuci tangan. 

            Pada peringatan tahun ini PPIRS menyelenggarakan sosialisasi kebersihan tangan kepada internal RS dan eksternal RS. Sosialisasi internal telah dilaksanakan pada Jumat 5 Mei 2017 yang diikuti oleh 500 civitas hospitalia RSJRW. Rangkaian kegiatan sosialisasi secara resmi dibuka oleh Direktur SDM dan Pendidikan dr. Didit Roesono Sp.KJ. Pada sosialisasi internal, kegiatan dimulai dengan senam cuci tangan dan dilanjutkan dengan game edukatif yang disambut antusias oleh seluruh partisipan. Kegiatan Sosialiasi Eksternal dilaksanakan pada Selasa 9 Mei 2017 di TK Dharma Wanita Persatuan. Sebanyak 94 siswa dan tenaga pengajar TK turut berpartisipasi dalam sosialisasi. Kegiatan diawali dengan sosialisasi cara mencuci tangan yang benar dan kapan saat yang tepat mencuci tangan kemudian dilanjutkan dengan mengikuti senam cuci tangan bersama. Usai melaksanakan senam partisipan melanjutkan kegiatan dengan praktek mencuci tangan dan diakhiri dengan sesi foto bersama.
            Selain memperingati WHHD 2017 kegiatan sosialisasi ini sekaligus turut mensukseskan program dalam menciptakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang mengajak segenap lapisan masyarakat untuk mulai perilaku gaya hidup sehat dimulai dari kebiasaan mencuci tangan(asw hukormas rsjrw 0341 426015 ext 1154). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar