Rabu, 05 September 2012

Outdoor Activity and Fun Games KPSI ( Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia ) Simpul Malang


KPSI ( Knmunitas Peduli Skizofrenia Indonesia) Simpul Malang kemarin mengadakan Outdoor Activity And Fun Games di Kebun Teh Wonosari Lawang pada hari Sabtu, 1 September 2012. Kegiatan ini diadakan dalam rangka pertemuan rutin KPSI setiap tiga bulan sekali, dan kali ini pertemuan difokuskan pada kegiatan fun games untuk membina sosialisasi dan kebersamaan antara ODS (Orang Dengan Skizofrenia), keluarga / caregiver, dan para professional kesehatan jiwa. Bertempat di Kebun The Wonosari Lawang, kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB ini dihadiri oleh 40 orang peserta, baik ODS dan keluarganya, para pekerja kesehatan jiwa yang terdiri dari Psikiater, Psikolog dan Perawat, serta aktivis yang perduli akan kesehatan jiwa.
Fun Games diisi dengan permainan-permainanyang bersifat kompetisi dan menstimulasi kerjasama, semangat dan konsentrasi para peserta. Dalam rangkaian kegiatan itu para peserta berkelompok dan “berjuang bersama untuk mencapai kemenangan” dalam permainan yang fun dan ceria. Usai fun games, berikutnya diadakan sesi sharing, dimana peserta diminta untuk mengungkapkan pengalaman masing-masing serta tanya jawab seputar kesehatan jiwa.
Karena bertempat di Kebun Teh Wonosari, peserta sekaligus juga diajak untuk menambah wawasan dengan mengikuti tour ke pabrik pembuatan teh Rolas, disana peserta diajak untuk menyaksikan sendiri bagaimana proses pembuatan teh mulai dari pemetikan daun teh, pengolahan, sampai proses pengemasan untuk dipasarkan. Kegiatan ini menjadi menarik dan memiliki banyak aspek positif, terbukti dari banyaknya komentar-komentar para peserta yang sangat puas akan aktivitas yang diadakan sepanjang siang itu.
Dihadiri Direktur Utama RSJ Dr.Radjiman Wediodiningrat Lawang, Dr.Bambang Eko Sunaryanto, SpKJ, dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi akan kegiatan ini, terutama kesan akan persahabatan dan persaudaraan antar peserta. Beliau juga berharap agar kegiatan ini dapat disosialisasikan di KPSI seluruh Indonesia dalam rangka menghapuskan stigma bagi penderita skizofrenia. Khusus bagi KPSI Simpul Malang, diharapkan dapat memiliki program unggulan yang dapat menjadi inspirasi bagi KPSI di kota-kota besar lainnya. Sedangan untuk ODS (Orang Dengan Skizofrenia) diharapkan akan aktif dalam kegiatan-kegiatan semacam ini dan dapat berfungsi lebih optimal serta pihak keluarga dapat lebih mengenali gejala dini penyakit ini sehinggak tidak sampai menjadi kronis.
KPSI sendiri adalah Komunitas yang sudah berdiri sejak 4 tahun silam di Jakarta. Berawal dari semangat keluarga penderita Skizofrenia. Dan sejak itu komunitas ini berkembang pesat di berbagai kota antara lain, Surabaya,Batu,Malang dan Jogjakarta. Didampingi para professional di bidang kesehatan jiwa, komunitas ini memiliki misi menyebarkan informasi tentang kesehatan mental khususnya bagi penderita skizofrenia dan keluarganya, serta untuk masyarakat secara keseluruhan sehingga dapat menghapuskan stigma bahwa penderita skizofrenia perlu dihindari. Tujuan dari komunitas ini adalah agar penderita dan keluarganya mempunyai wadah untuk saling berbagi pengalaman dan informasi, tidak merasa sendiri serta saling menguatkan.
Lebih lanjut lagi, pada pertemuan kedepan direncanakan akan diadakan Pelatihan Menulis bagi Penderita Skizofrenia dengan tema Menjadikan Halusinasi sebagai Inspirasi Penulisan. Kegiatan Outdoor Activity And Fun Games berakhir pada pukul 12.30 WIB.

Sambutan Direktur Utama RSJ Dr.Radjiman Wediodiningrat Lawang ( Dr.Bambang Eko Sunaryanto )






Tour ke Pabrik Teh Rolas Wonosari Lawang
Keluarga Besar KPSI Simpul Malang






 

2 komentar: