Rabu, 12 September 2012

Pelatihan Manajemen Dan Kepemimpinan Keperawatan




Keperawatan merupakan organisasi profesi dan menjadi bagian yang terpenting dalam Pelayanan Jasa Rumah Sakit, karena itu diperlukan suatu pengelolaan manajemen keperawatan yang baik serta harus mendapatkan pengetahuan dan keterampilan tentang kepemimpinan untuk meningkatkan kompetensi manajerial keperawatan. Didasari hal ini, maka RSJ Dr.Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) mengadakan Pelatihan Manajemen Dan Kepemimpinan Keperawatan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu SDM dan pelayanan.
Pelatihan yang dihadiri 30 orang peserta ini terdiri dari Kepala Ruang di RSJ Dr.Radjiman Wediodiningrat Lawang. Kepala ruang merupakan ujung tombak yang mempunyai tugas manajerial strategis yang harus mempunyai tingkat pemahaman ilmu manajemen keperawatan menjadi satu kewajiban saat ini,  sebagaimana yang tertuang dalam persyaratan akreditasi rumah sakit. Bertempat di Ruang Arjuno Lantai 3, pelatihan ini akan diselenggarakan selama empat hari yaitu tanggal 12-15 September 2012.
         Dengan 9 orang narasumber internal dan eksternal, yaitu Dr.Bambang Eko Sunaryanto,SpKJ ; Dr.Wini Agus,SpKJ ; Zaenal Mutaqin,SKp.MM ; Heni D.W.,SKp,M.Kes, Sp.Jiwa ; Eddi Sudjarwo,M.Kep ; Ribut Supriyatin,SST ; Djuanda,S.Kep ; Susiati,SST,SPd ; dan M.Sholehudin,S.Kep.Ns,  peserta diberikan materi diantaranya tentang Kepemimpinan Dalam Keperawatan; Konsep Manajemen Keperawatan; Proses Manajemen Keperawatan; Etik dan Komunikasi Manajemen Keperawatan; Supervisi Keperawatan; Manajemen Konflik, Kolaborasi dan Negosiasi; Motivasi Kinerja Perawat; Kualitas Layanan dan Indikator Mutu; serta Evaluasi Kinerja. 
Dengan pelatihan ini diharapkan ada penambahan kompetensi bagi para peserta pelatihan agar mampu saling bersinergi menerapkan manajemen keperawatan di unit kerjanya masing-masing. Dalam sambutannya, Drg.Nurini Widayani,M.Kes selaku Direktur SDM dan Pendidikan RSJRW menyampaikan “…komposisi kepala ruang di RSJ Dr.Radjiman Wediodiningrat Lawang ini cukup beragam, dari berbagai umur, dengan ini diharapkan agar masing-masing dapat saling berbagi dan memberikan provokasi positif dalam pelaksanaan tugas nanti, kami juga berharap dalam bidang perawatan agar selalu mengupdate wawasan dan kompetensinya untuk ditambahkan di program unit. ” tambahnya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar