Jumat, 05 April 2013

Peringatan Hari Autis ke-6 ( 2 April 2013 )



Memperingati Hari Peduli Autis. RSJ Dr.Radjiman Wediodiningrat Lawang pada hari ini, Selasa (2 April 2013) melakukan apel pagi. Tahun ini merupakan tahun keenam peringatan World Autism Awareness Day. 

Tampak puluhan staf, dokter, perawat dan direksi yang hadir memeriahkan peringatan dengan memakai pakaian bernuansa biru.  Dalam sambutannya, Direktur Utama, Dr.Bambang Eko Sunaryanto,SpKJ.  Menghimbau agar seluruh masyarakat luas untuk dapat memahami para anak-anak autis. "Mereka adalah anak yang memiliki anugerah dan bakat khusus, peran kita untuk mereka adalah membantu mereka untuk berkomunikasi dan memberikan terapi, bersabarlah, berpikiran positif, kreatif, fleksibel dan objektif” ujarnya.
John (9th ) adalah salah satu penyandang autis yang dirawat di Poli Autis (Day care) RSJ Dr.Radjiman Wediodiningrat Lawang.  John menyandang autis sejak berusia satu tahun, Diketahui bahwa John tidak mempunyai orang tua dan sanak keluarga. Dia ditemukan oleh Dinas Sosial di jalanan. Saat ditemukan, keadaan John sangat memprihatinkan, selain mengalami sakit fisik (karena tertabrak mobil), dia juga menyandang autis. Namun berkat peran Dinas Sosial, terapis, psikolog, perawat di Poli Autis (Day Care) di RSJRW sejak tahun 2009 serta lingkungan sekitarnya, kini John tumbuh menjadi anak anak yang berprestasi, dia sudah bisa membaca, menulis, mengaji, membaca puisi, bahkan mengoperasikan komputer dia pun kini dapat berkomunikasi dengan baik.
Autisme bisa terjadi pada siapa saja, bahkan pada orang terdekat kita. Tidak semua penyandang autism memiliki IQ yang rendah, sebagian besar dari mereka justru memiliki IQ yang luar biasa. Hanya saja dalam kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi mereka berbeda. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar