Jumat, 12 Desember 2014

Porkesremen & Jambore Keswa IV Tahun 2014

               Pada peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia Tahun 2014, Federasi Dunia untuk Kesehatan Jiwa (World Federation of Mental Health) menetapkan tema Living With Schizophrenia. Dengan sub tema “Kepedulian Keluarga dan Masyarakat dalam Pemberdayaan Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) adalah sebuah seruan  untuk  mengajak  masyarakat  agar  dapat  hidup berdampingan  dengan  ODGJ.  Hal  ini  penting  karena penerimaan  keluarga  dan  masyarakat  yang  baik,  akan  mendorong  ODGJ  untuk   dapat kembali  ke masyarakat  dan produktif kembali.
     Porkesremen & Jambore Keswa IV 2014 kali ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia dan diadakan pada tanggal 26 s/d 29 November 2014 di RSJ Provinsi Kalimantan Barat dalam bentuk eksibisi kegiatan olah raga & pentas seni serta sidang Organisasi Arsawakoi sebagai upaya menjalin silaturahmi dan meningkatkan kerja sama antar institusi pelayanan kesehatan jiwa di Indonesia.
       Respon dari berbagai unsur dan partisipan yang berkaitan dengan kesehatan jiwa dari seluruh Indonesia sangat  menggembirakan. Tercatat 320 orang dari RSJ / RSKO Se Indonesia serta berbagai unsur praktisi, akademisi maupun pemerhati kesehatan jiwa terdaftar sebagai peserta dalam kegiatan tersebut.
       Dalam kegiatan ini RSJ Dr Radjiman Wediodiningrat Lawang mengirim 21 orang sebagai kontingen yang terdiri dari ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa), Perawat, serta Direksi untuk mengikuti berbagai macam agenda kegiatan antara lain Eksibisi Olah Raga, Pentas Seni Budaya dan Daerah, Seminar Ilmiah bagi Keperawatan serta Rapat Kerja Nasional Arsawakoi.
       Berdasarkan hasil Rakernas Arsawakoi, telah didapat kesepakatan bahwa kegiatan Porkesremen dan Jambore Keswa tahun berikutnya akan diselenggarakan di Kalimantan Timur yang bertempat di  RSJ Atma Husada Mahakam  sebagai tuan rumah Porkesremen & Jambore Keswa V Tahun 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar