Senin, 13 April 2015

Kunjungan Mahasiswa PLB UM

Pada Kamis 9 April 2015, RSJ Dr Radjiman Wediodiningrat Lawang kembali menerima kunjungan tamu dari instansi pendidikan. Kali ini instansi yang berkesempatan mengunjungi RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat adalah mahasiswa Universitas Negeri Malang Fakultas Pendidikan Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Pada kunjungan kali ini RS berkesempatan untuk menyambut tamu yang berjumlah 74 mahasiswa yang didampingi oleh 2 orang dosen pembimbing. Kunjungan ini diadakan dalam rangka pemenuhan orientasi lapangan untuk mata kuliah Kesehatan Jiwa yang sedang mereka tempuh.  
Antusiasme peserta kunjungan sudah tampak ketika mereka memasuki kawasan RS, para peserta tampak semangat dan tidak sabar ingin mengeksplorasi RS lebih jauh. Tepat pukul 08.30 acara kunjungan dimulai, di gedung Bina Jiwa peserta diterima secara simbolis oleh Kepala Bagian Pendidikan dan penelitian Bapak Mashud SE mewakili Direktur Utama RS.  Selanjutnya Bapak Drs. Abdul Huda Mpd selaku dosen pembimbing juga menyampaikan sepatah dua patah kata terkait maksud dan tujuan kunjungan. Sebagai bekal melakukan kunjungan lapangan peserta mendapatkan arahan teknis dari Ka Sub Bagian Pendidikan dan Penelitian Tenaga Keperawatan Ibu Ribut Supriyatin, SST, MM. mengenai norma dan etika ketika melakukan kunjungan di Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodingrat. Sebelum melakukan orientasi lapangan, peserta diperkenalkan dengan profil Rumah Sakit yang disampaikan secara singkat oleh Bapak M.Sholehuddin S.Kep.Ns M.Kes selaku Penyuluh Kesehatan Rumah Sakit (PKRS).   
Setelah mendapatkan sekilas materi profil RSJ RW dan etika norma berkunjung, peserta dipersilahkan untuk memulai kunjungan lapangan. Ada 3 destinasi ruang yang dikunjungi oleh peserta kunjungan Ruang Instalasi Rehabilitasi, Wijaya Kusuma sebagai ruang perawatan untuk Anak dan Remaja, dan Ruang Flamboyan sebagai Ruang Mental Organik. Pada sesi kunjungan ke ruang rehabilitasi peserta dibuat kagum oleh berbagai karya seni yang dihasilkan oleh pasien. Di ruang Wijaya Kusuma dan Flamboyan-pun para peserta tidak segan untuk bertanya kepada kepala ruangan mengenai seputar kesehatan jiwa dan tidak canggung berinteraksi dengan pasien.
Sekitar pukul 12.00 peserta kembali ke Gedung Bina Jiwa untuk beristirahat dan kembali mendapatkan materi mengenai Kesehatan Jiwa oleh Bapak M.Sholehuddin S.Kep.Ns M.Kes selaku Penyuluh Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) hingga pukul 13.00. Setelah penyampaian materi dan sesi tanya jawab, acara dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari peserta kunjungan yang diterima oleh Kepala Instalasi Diklit Ibu Ngesti Rahayu, S.Sos. Kegiatan selanjutnya  sekaligus penutup serangkaian acara kunjungan, peserta diperkenankan untuk mengunjungi Museum Kesehatan Jiwa sebagai salah satu fasilitas pelengkap unggulan Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar