Kamis, 16 April 2015

Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Tahun 2015



Petugas tenaga kesehatan sangat rentan tertular penyakit dari pasien yang ditangani. Kejadian  infeksi  ini pastinya  dapat  menghambat  proses  penyembuhan  dan  pemulihan  pasien. Fenomena tersebut pada akhirnya akan menyebabkan penurunan mutu pelayanan Rumah Sakit. Sebagai langkah preventif dan promotif dalam pecegahan dan pengendalian infeksi,  Rumah Sakit Jiwa Dr Radjiman Wediodiningrat Lawang kembali mengadakan Pelatihan PPI kepada IPCLN (Infection Prevention Control Link Nurse) pada tanggal 14 April 2015 pukul 08.00 di Gedung Semeru.
                Acara pelatihan yang diikuti oleh 44 peserta yang terdiri dari tenaga keperawatan dan non-medis, dibuka oleh Ibu Mudjilah SST selaku ketua panitia dan secara resmi dibuka oleh Jajaran Direksi RS yang diwakili oleh Bapak Mashud, SE selaku Kabag Diklit. Pelatihan yang berlangsung selama 4 jam ini diisi oleh Bapak Unix Cahya Husada, S.kep.Ns selaku pemateri utama, yang menyampaikan beberapa informasi penting terkait dengan pencegahan dan pengendalian infeksi.
                Beberapa informasi penting yang disampaikan kepada peserta pelatihan diantaranya pentingnya pelaksanaan standar operasional prosedur (SOP) yang benar agar tidak tertular ataupun menularkan penyakit, peran dan tugas IPCLN, Hand Hygiene, dan Kelengkapan dan cara penggunaan APD (Alat Pelindung Diri) yang benar. Untuk terus meningkatkan kualitas dan keamanan pelayanan kesehatan, Tim PPI sebagai penyelenggara pelatihan menutup sesi pelatihan dengan materi “Surveilan PPI”. Materi ini secara aktif melibatkan peserta pelatihan untuk bersama-sama menginventarisasi dan memonitor kelengkapan standar pelayanan kesehatan yang aman, untuk kemudian ditindaklanjuti dan dilengkapi demi peningkatan kualitas pelayanan rumah sakit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar