Rabu, 03 Agustus 2016

KUNJUNGAN AKADEMI ILMU PENGETAHUAN INDONESIA (AIPI) DI RSJ DR. RADJIMAN WEDIODINGRAT LAWANG



Kunjungan ke Museum Kesehatan Jiwa
Nama besar RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang semakin dikenal di dunia keilmuan internasional. Terbukti pada Senin 1 Agustus 2016 RSJRW berkesempatan untuk menerima kunjungan dari Akademi Ilmu Pengetahun Indonesia (AIPI) bekerjasama dengan US National Academy of Sciences (NAS). Rombongan yang terdiri dari 80 ilmuwan tersebut terdiri dari 40 ilmuwan Indonesia, 30 Ilmuwan Amerika dan 10  Ilmuwan Australia. Kunjungan ini merupakan rangkaian acara dari The 6th Indonesian-American Kavli Frontiers of Science Symposium (KFOSS) yang diselenggarakan di Malang pada 30 Juli hingga 4 Agustus 2016. 


Kunjungan ke Instalasi Psikogeriatri
Kunjungan singkat berdurasi 2 jam ini diawali dengan penerimaan kunjungan secara simbolis di Gedung Semeru RSJRW dan diterima oleh Direktur Utama yang diwakili oleh Kepala Bidang Medik dr. Yuniar SpKJ. Selanjutnya 80 ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu ini melanjutkan agenda kunjungan dengan kegiatan orientasi lapangan. Ada 3 spot khusus yang telah disiapkan oleh panitia yakni Museum Kesehatan Jiwa, Instalasi Rehabilitasi dan Instalasi Psikogeriatri. Pemilihan lokasi kunjungan ini dimaksudkan agar para ilmuwan mendapatkan gambaran yang utuh mengenai kondisi kesehatan jiwa di Indonesia, khususnya di wilayah bagian timur yakni RSJRW yang memiliki  pelayanan unggulan Psikogeriatri. 
Secara teknis peserta dibagi menjadi 4 grup untuk memudahkan mobilisasi peserta dalam waktu yang singkat dimana masing-masing grup didampingi 2 fasilitator dari RSJRW. Dalam kunjungannya para peserta sangat terkesan dengan sejarah dan kondisi permasalahan kesehatan jiwa di Indonesia saat ini. Selain itu para peserta juga berkesempatan melihat aktivitas rehabilitan yang tengah menjalani masa rehabilitasi dan berbelanja pernak pernik hasil karya rehabilitan di show room rehabilitan RSJRW (arum).  


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar