Senin, 13 Februari 2017

PENINGKATAN KOMPETENSI DOKTER DALAM PENATALAKSANAAN NEUROFEEDBACK TRAINING DI RSJ DR. RADJIMAN WEDIODININGRAT LAWANG



          


       Lawang (7/2) – RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) senantiasa berupaya meningkatkan kualitas pelayanan melalui berbagai pelatihan yang diselenggarakan. Sabtu 4 Februari 2017 telah dilaksanakan Pelatihan Neurofeedback Training bertempat di Gedung Daycare Psikogeriatri. Pelatihan diikuti oleh 30 dokter yang terdiri dari Dokter Spesialis Jiwa, Dokter Spesialis Anestesi, dan Dokter Umum.  Materi pelatihan disampaikan oleh praktisi CLP (Consultation-Liaison Psychiatry) dari Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelangdr. Santi Yuliani, MSc, Sp.KJ. Pelatihan dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama adalah pemaparan materi dan di sesi kedua peserta dapat langsung mempraktekan teori yang didapat dengan alat neurofeedback.  
Neurofeedback juga dikenal sebagai EEG Biofeedback atau neurotherapy adalah teknik mutakhir yang diaplikasikan untuk melatih otak agar dapat berfungsi lebih baik. Menurut Direktur Medik dan Keperawatan, dr. Yuniar Sp.KJ Neurofeedback Trainingdapat melatih otak agar berfungsi dan beroperasi pada level maksimal sekaligus melatih jalur saraf sehingga membuat berbagai wilayah otak dapat berfungsi lebih baik.Saat ini Neurofeedback Training menjadi salah satu pilihan yang menjanjikan pada penanganan berbagai kasus gangguan jiwa seperti kecemasan, depresi, ADD, ADHD, penyimpangan perilaku, insomnia, sakit kepala, migrain, PMS (premenstrual syndrome) dan gangguan emosi lainnya. Jika selama ini pasien masih sulit membayangkan mengenai gangguan yang dialami, melalui Neurofeedback Training pasien dapat melihat visualisasi pergerakan gelombang otak sesuai dengan kondisi yang dialaminya.
Neurofeedback Training merupakan jenis pelayanan baru RSJRW yang akan segera beroperasi pada Bulan Maret 2017, dimana tiap paket training dibagi menjadi 6 sesi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Neurofeedback Training anda dapat menghubungi hukormas RSJRW di (0341) 426015 ext 1154 atau melalui email: hukormas.rsjrw@gmail.com. *asw*.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar