Rabu, 15 Maret 2017

WUJUDKAN GAYA HIDUP SEHAT MELALUI DONOR DARAH





Lawang (15/3) – Donor darah memiliki berbagai manfaat baik secara sosial maupun bagi kesehatan tubuh. Adapun beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh pendonor darah antara lain adalah menjaga kesehatan jantung dan membuat darah mengalir lebih lancar, meningkatkan produksi sel darah merah, cek kesehatan, sekaligus ikut berkontribusi dalam menyelamatkan jiwa seseorang yang sedang membutuhkan darah. Sebagai instansi penyedia layanan kesehatan RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) mengajak segenap civitas hospitalia, rehabilitan, mahasiswa praktikan dan masyarakat sekitar untuk menjalani gaya hidup sehat, salah satunya dengan berdonor darah. RSJRW telah bekerjasama dengan PMI Kabupaten Malang dan secara rutin menggelar Donor Darah Massal setiap 3 bulan sekali. Seperti kegiatan pada Selasa 14 maret 2017, bertempat di IGD RSJRW telah dilaksanakan donor darah massal yang diikuti oleh 136 pendonor. 
Tidak semua pendaftar lolos untuk menyumbangkan darahnya, berbagai tahapan seleksi harus dilalui. Tahapan yang harus dilalui pendonor antara lain:
  • Pemeriksaan Pendahuluan meliputi: Konseling, Isi formulir, Timbang berat badan, Pemeriksaan kadar HB (syarat HB 12,5-16), dan Pemeriksaan Golongan Darah.
  • Pemeriksaan Dokter: Tekanan darah, Nadi, Suhu, Riwayat medis, Pemeriksaan fisik
  • Proses Pengambilan Darah
Sebagai agenda rutin di RSJRW, kegiatan donor darah massal mendapatkan dukungan penuh dari manajemen RSJRW, hal tersebut diwujudkan dengan pemberian penghargaan bagi civitas hospitalia yang telah berdonor darah sebanyak 10x, 25x, 50x, 75x dan 100x (asw hukormas rsjrw 0341 426015 ext 1154).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar