Senin, 14 Mei 2012

Memperingati Hari Lansia, Puluhan Lansia Psikogeriatri RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat unjuk kebolehan.



 “ayo ibu siti, dipindahkan bolanya yaa.. siapa yang paling cepat nanti dia yang menang..” kata panitia sembari memberi aba-aba.
Lalu ibu siti dengan penuh semangat berlari memindahkan bola tanpa memperdulikan lawan-lawannya, penonton pun ikut antusias menyemangatinya. Tetapi semangat itu tidak berlangsung lama, setelah 2 kali mengambil bola, ibu siti dengan santainya berjalan menuju samping lapangan dengan berkata “kesel” ( baca : capek ) dengan nafas tersengal sengal. Sementara peserta lansia lainnya tetap memindahkan bola. Lalu pada saat pengumuman pemenang ibu siti kembali ke halaman lomba sembari mengangkat kedua tangannya dengan percaya diri seolah ia pemenangnya.
Mereka adalah lansia di Instalasi Psikogeriatri RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. Puluhan Lansia ini tengah unjuk kebolehan saat digelar berbagai lomba yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Lansia pada Jum’at, 11 Mei 2012. Berbagai lomba yang digelar antara lain lomba memindah bola, lomba balap pindah air, lomba makan kerupuk, dan lomba memakai kebaya lengkap dengan jaritnya ini digelar di halaman instalasi psikogeriatri RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang.
Dalam sesi lain, untuk penilaian daya ingat atau Reminiscence Therapy, para lansia diminta untuk mengikuti lomba memakai kebaya, kegiatan ini dimaksudkan untuk memancing kembali emosi positif dari ingatan pengalaman lama agar muncul kembali. Ingatan atau memori otak lama juga akan merangsang memori otak sekarang untuk menyimpan ingatan-ingatan baru dengan lebih baik. 
Kegiatan-kegiatan ini adalah upaya penanganan demensia alias kepikunan, salah satu masalah intelegensia yang sering dijumpai di usia lanjut serta melatih fisik mereka agar senantiasa bugar. 4 item lomba yang dilaksanakan merupakan kegiatan pembukaan dari serangkaian lomba yang nantinya akan digelar lagi oleh panitia peringatan hari lansia pada Minggu, 27 Mei 2012 dan sebagai puncak acara akan berakhir Selasa, 29 Mei 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar