Senin, 04 Juni 2012

Berbagi pengalaman, Studi Banding RSJ Sambang Lihum Kalimantan Selatan ke RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang.


Kamis, 24 Mei 2012, rombongan tim sebanyak 29 orang dari RS Jiwa Sambang Lihum Kalimantan Selatan yang dipimpin langsung oleh Direktur RSJ Sambang Lihum, dr.H.Asyikin Noor,Sp.KJ,MAP berkunjung ke RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang ( RSJRW ) untuk mengadakan studi banding. Rombongan disambut di lantai 3 Ruang Arjuno RSJRW. Dalam sambutannya, Direktur SDM & Pendidikan, Drg. Nurini Widayani,M.Kes menyampaikan pemaparan yang berkaitan dengan pengelolaan Jamkesmas dan Jamkesda antara RSJ Pusat dengan RSJ Daerah serta kebijakan yang berlaku di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang tentang pelayanan Jamkesmas dan Jamkesda. 

Profil RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang disampaikan oleh Kepala Bagian DIKLIT RSJRW, Drs.Gatot Sugiarto, P.Si, M.Si. Kemudian Materi selanjutnya tentang Case Mix & Clinical Pathway RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang disampaikan oleh Dr. Marintik Ilahi,Sp.KJ. Pembahasan banyak difokuskan pada pelaksanaan pelayanan Askes di RSJRW oleh Duto Riyantoko ,SE. Dalam acara ini juga dipaparkan tentang layanan unggulan RSJRW, Instalasi Psikogeriatri oleh Dr. Yuniar Soenarko,Sp.KJ.
Didampingi Direktur SDM dan Pendidikan serta Kepala Bagian Diklit RSJRW, semua peserta rombongan melakukan orientasi lapangan ke IGD, beberapa ruangan, Instalasi Psikogeriatri. “Seluruh penerimaan Jamkesmas di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang  seluruhnya menjadi penerimaan Rumah Sakit, jadi tidak terpilah-pilah, kendala yang sering dihadapi dalam proses berjalannya adalah Jamkesda, karena di Jawa Timur ada kebijakan dari Gubernur bahwa pelayanan Jamkesda ditangani oleh RSJ Menur Surabaya, tetapi kenyataan yang tidak terbantahkan di lapangan adalah RSJ Menur tidak mungkin sepenuhnya bisa memenuhi pelayanan pasien Jamkesda di seluruh wilayah Jawa Timur, tetapi ada beberapa Pemerintah Kota dan Pemerintah daerah yang berinisiatif untuk membuat MOU dengan RS kami ( RSJRW ) dan dari sekian Kabupaten yang ada di Jawa Timur, sampai saat ini hanya ada 7 Kabupaten yang mempunyai MOU dengan kami” terang Direktur SDM dan Pendidikan,Drg. Nurini Widayani,M.Kes,  “selain itu kami juga bekerjasama dengan Dinas Sosial setempat” tambahnya.
Selain berbagi pengalaman, semoga kegiatan ini kedua belah pihak dapat mengambil hal-hal positif yang nantinya dapat diaplikasikan agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat. Kunjungan studi banding berjalan lancar dan interaktif, diisi dengan berbagai pertanyaan seputar kegiatan di ruangan, system alur pelayanan, proses penanganan pasien dari dinsos, serta kegiatan penunjang pelayanan lainnya. Kegiatanpun ditutup dengan berkunjung ke Museum Kesehatan Jiwa RSJRW.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar