Senin, 16 Juli 2012

Mencermati RS Pendidikan, RSJ Prof. Dr.Soeharto Heerdjan Jakarta Studi Banding ke RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang


RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang menerima kunjungan dari RSJ Prof. Dr.Soeharto Heerdjan Jakarta  pada 12 Juli 2012. Tim sebanyak 12 orang tersebut diketuai  oleh dr. Aris Tambing, MARS selaku Direktur SDM dan Pendidikan RSJ Prof. Dr.Soeharto Heerdjan Jakarta. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka Studi Banding tentang RS Pendidikan yang bertujuan untuk memperoleh gambaran yang rinci, baik tentang segi perencanaan, tekhnis dan pendanaan dari Rumah Sakit Pendidikan. Rencananya, kegiatan studi banding ini dijadwalkan selama 2 hari yaitu 12 -13 Juli 2012.
RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang yang resmi menjadi Rumah Sakit Pendidikan sejak Juni 2011, dipilih menjadi tujuan dari studi banding kali ini karena statusnya yang sudah terlebih dahulu menjadi Rumah Sakit Pendidikan. dan mempunyai core business yang sama dengan RSJ Prof. Dr.Soeharto Heerdjan Jakarta.
dr.Bambang Eko Sunaryanto, Sp.KJ , Direktur Utama RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang dalam diskusi kemarin menjelaskan “Seperti diketahui, Keuntungan yang didapat jika Sebuah Rumah Sakit berstatus RS pendidikan adalah pengakuan dari jejaring pendidikan, selain itu juga  dapat lebih mudah menganggarkan dana yang terkait dengan pendidikan, Jejaring kami dari RSJ Dr.Radjiman Wediodiningrat Lawang  berkaitan dengan  RS Pendidikan sampai saat ini antara lain Universitas  Muhammadiyah Malang, Universitas Islam Malang, Univ. Hang Tuah Surabaya , Universitas Wijaya Kusuma Surabaya , dan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Sedangkan untuk bidang Non Kedokteran diantaranya Fakultas Psikologi, Keperawatan berasal dari seantero Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi, Mataram, Maluku, sampai Irian Jaya, maka dari itu kami berorientasi bagaimana memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada seluruh jejaring yang kami miliki. ” terang nya.
Mejawab pertanyaan tentang bagaimana pemenuhan SDM di RS Pendidikan RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang dengan luasnya jejaring yang dimiliki, Direktur SDM dan Pendidikan RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang, drg. Nurini Widayani,M.Kes mengatakan “Penanganan SDM di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang dalam proses pendidikan yaitu posisi Bakordik diketuai oleh Direktur SDM Dan Pendidikan dibagi menjadi dua, yaitu Bakordik Medik dan Non Medik, Bakordik berkoordinasi dengan bagian DIKLIT dan DIKLAT juga bekerjasama dengan Instalasi untuk mengkoordinasikan pelaksanaan pendidikan, asrama dan akomodasi serta sarana dan prasarana. Selain itu, pihak Bakordik juga berkoordinasi dengan Bidang Medik tentang aturan penjadwalan. Jadi memang tidak harus Bakordik di Tiap Unit harus ada, ini dikarenakan posisi jabatan yang melekat, jadi dapat mempermudah kinerja kami” ujarnya

Dalam kunjungan studi banding kemarin, tidak hanya diisi dengan diskusi, tetapi studi banding ke masing-masing Pokja oleh Tim dari RSJ Prof. Dr.Soeharto Heerdjan Jakarta yang sudah dibagi menjadi 5 tim dengan di fasilitatori Petugas yang telah ditunjuk. Tim juga melakukan Tour keliling Fasilitas RS Pendidikan, dan melakukan kunjungan ke Museum Kesehatan Jiwa dan Instalasi Psikogeriatri RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar