Rabu, 10 Oktober 2012

HASIL PERTEMUAN DENGAN KEPALA DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA TIMUR




Pada tanggal 26 Sept 2012 Direktur Utama RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang mengadakan pertemuan dengan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur yang bertempat di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur di Surabaya. Agenda pertemuan tersebut membicarakan tentang tindak lanjut penanganan korban pasung yang ada di wilayah Provinsi Jawa Timur, hal tersebut sebagai tindak lanjut laporan Direktur Utama RSJ           Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang kepada Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kemenkes RI  tentang Progres Report program Indonesia Bebas Pasung yang telah dilaksanakan di Wilayah Provinsi Jawa Timur.
Pada kesempatan tersebut Direktur Utama RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang menyampaikan upaya yang sudah dilakukan dalam penanganan korban pasung adalah penyuluhan ke beberapa kabupaten/kota di wilayah Provinsi Jawa Timur serta perawatan korban pasung yang dikirim ke RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. Kendala yang dihadapi dalam penanganan korban pasung di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang antara lain ;
  1. Masih minimnya fasilitas serta SDM yang berkompeten untuk penanganan secara dini masalah kesehatan jiwa yang ada di masing-masing daerah. 
  2. Minimnya anggaran di masing-masing daerah khususnya dalam mendukung program kesehatan jiwa di masyarakat. 
  3. Terbatasnya anggaran yang ada di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang dalam meng-cover masalah Kesehatan Jiwa yang ada di Wilayah Provinsi Jawa Timur.
Dalam Kesempatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi berjanji akan menyampaikan hal-hal tersebut pada forum rapat Kepala Dinas Kabupaten / Kota dengan harapan masing-masing daerah akan dapat ikut serta dalam melaksanakan program penanganan masalah Kesehatan Jiwa yang ada di masyarakat. Senada dengan hal tersebut Direktur Utama RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang berharap bahwa pada tahun 2013 nanti masing- masing Kabupaten /Kota yang ada di Jawa Timur menyediakan unit/tempat pelayanan kesehatan jiwa, RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang akan mem-back up masalah tersebut dengan menyediakan pelayanan konsultasi serta memfasilitasi tenaga medis maupun perawat yang akan magang di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang.

DATA KASUS PASUNG PER 1 AGUSTUS 2012
 

No
Dinas Kesehatan Kabupaten / Kota yang sudah lapor
Jumlah Penderita Pasung
Penanganan
1
Kota Kediri
Nihil
-
2
Kabupaten Madiun
27 orang
27 org oleh Puskesmas
3
Kota Batu
1 orang
1 orang
4
Kabupaten Magetan
28 orang
7 org oleh RSJ, 21 org ole Puskesmas
5
Kabupaten Nganjuk
5 orang
5 orang
6
Kabupaten Pasuruan
4 orang
4 orang
7
Kabupaten Ponorogo
80 orang
14 orang oleh Puskesmas
8
Kabupaten Mojokerto
7 orang
1 rujuk RSJ, 4 org Puskesmas
9
Kabupaten Pacitan
95 orang
-
10
Kota Blitar
4 orang
2 org rujuk RSJ, 1 org oleh Puskesmas
11
Kabupaten Blitar
9 orang
2 org oleh RSJ, 7 org oleh Puskesmas
12
Kabupaten Jombang
Nihil
-
13
Kabupaten Bondowoso
2 orang
-
14
Kabupaten Gresik
4 orang
I org rujuk RSJ
15
Kabupaten Situbondo
4 orang
2 org dikonsulkan ke RSUD Kabupaten
16
Kabupaten Malang
34 orang
-
17
Kabupaten Lamongan
7 orang
-
18
Kabupaten Tulungagung
21 orang
-
19
Kabupaten Kediri
25 orang
-

TOTAL
357 orang
99 orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar