Dalam
rangka penyegaran suasana, menghilangkan kejenuhan saat bekerja serta
meningkatkan rasa kebersamaan antar karyawan. Milis Karyawan RSJ Dr.Radjiman
Wediodiningrat Lawang mengadakan kegiatan rekreasi pada Minggu (23/Sept/2012)
ke Pantai Kondang Merak Malang.
Sambutan Direktur Utama |
Menempuh kurang lebih dua jam perjalanan, para peserta
sampai di lokasi tepat pukul 10.00 WIB. Acara diawali dengan foto bersama dan
makan siang. Lalu sambutan oleh Ketua Panitia dan Direktur Utama. Dalam
sambutannya, Dr.Bambang Eko Sunaryanto SpKJ menyampaikan bahwa “kami tidak
melarang para karyawan untuk aktif dalam milis, tetapi alangkah baiknya bila
masalah pribadi jangan pula disampaikan melalui milis, jadikan milis ini
sebagai sarana untuk saling berbagi, menyampaikan pendapat dan aspirasinya demi
perbaikan dan kemajuan Rumah Sakit kita” ujarnya. Acara selanjutnya adalah
pembagian Souvenir oleh Direktur Utama kepada 14 orang milis mania pengirim SMS terbanyak, dilanjutkan dengan acara
bebas.
Pertanyaan
yang lalu muncul adalah kenapa RSJRW mendukung munculnya komunitas ini? Apakah
manfaat dari menjamurnya komunitas ini bagi Rumah Sakit? Bukankah dengan kegiatan
mengirim dan menerima milis ini kedalam ranah kerja akan membuat karyawannya
tidak fokus dalam bekerja dan malah sibuk dalam berinteraksi dengan milis? Ada
pula pandangan miring orang lain yang melihat aktivitas ini sebagai hura-hura
dan kurang kerjaan.
Milis
Karyawan RSJ Dr.Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) adalah sebuah komunitas
yang terdiri dari seluruh karyawan RSJRW, mulai dari Pejabat Struktural,
Pejabat Fungsional, Dokter, Perawat, sampai staff. Di milis inilah tempat para
pejabat dan karyawan saling bertukar informasi mengenai kegiatan dan pelayanan
di RSJRW. Tidak sedikit yang merasa terbantu dengan keberadaan milis ini,
seperti yang disampaikan oleh Sri Astoeti,S.Psi, salah satu staff Bagian SDM
“dengan milis, kita dapat mengetahui kabar terkini seputar RS Jiwa Dr.Radjiman
Wediodiningrat Lawang walaupun sedang tidak bertugas, contohnya seperti ada
pasien yang tersasar, maka semua pihak akan membantu dan saling memberikan
informasi, satu contoh lagi saat koneksi internet di kantor saya terganggu,
kebetulan keluhan saya dibaca oleh staff SIRS, yang kemudian segera datang
petugas yang memperbaiki koneksi internet di kantor kami ”ujarnya.
Tapi
tidak sedikit pula yang menganggap miring tentang aktivitas milis karena
dianggap mengganggu kinerja karyawan. Pada
dasarnya, Rumah Sakit memberikan fasilitas milis ini dengan tujuan yang baik,
yaitu sebagai sarana untuk membentuk komunitas perusahaan yang mampu mendukung
fungsi Rumah Sakit, mempererat rasa kekeluargaan antar karyawan, serta sarana untuk menyuarakan aspirasi yang
membangun. Jadi bagaimana masing -masing kita menyikapinya, bukan pekerjaan
terganggu dengan milis, tetapi jangan sampai milis mengganggu pekerjaan, bukan
begitu?..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar