Rabu, 14 November 2012

PELATIHAN PENGENDALIAN INFEKSI NOSOKOMIAL DAN KESELAMATAN PASIEN



Senin (12/11/12) Pelatihan Pengendalian Infeksi Nosokomial dan Keselamatan Pasien (Patient Safety) kemarin diadakan di RSJ Dr.Radjiman Wediodiningrat Lawang.  Bertempat di Ruang Arjuno RSJRW, pelatihan ini diikuti oleh 52 orang peserta yang terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, ahli gizi, perawat, apoteker, analis medis, sanitarian, sopir dan petugas keamanan.
Infeksi masih merupakan salah satu penyebab utama kematian dan kesakitan di rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya. Selain itu, menyebabkan perpanjangan masa rawat inap bagi penderita. Resiko infeksi di rumah sakit atau yang biasa dikenal dengan infeksi nosokomial merupakan masalah penting di seluruh dunia.
Untuk itu RSJRW merasa perlu untuk menyusun program pencegahan dan pengendalian infeksi yang merupakan salah satu bentuk dari program patient safety. Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan dapat Meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya melalui pencegahan dan pengendalian infeksi; Melindungi sumber daya manusia kesehatan dan masyarakat dari penyakit infeksi yang berbahaya; Menurunkan angka kejadian Infeksi Nosokomial serta memberi ketrampilan agar mendapatkan tenaga kesehatan yang professional dan terampil.
Pelatihan ini merupakan rangkaian pelatihan pengendalian infeksi tahap ke dua dan kelanjutan dari kegiatan Symposium dan Workshop JCI yang telah digelar sebelumnya. Kegiatan pelatihan akan digelar selama 3 hari yaitu tanggal 12,13,14 November 2012. Dengan narasumber antara lain Prof.Dr.Boerhan Hidayat,dr.Spa(K) ; Dr. Hardiono,Sp.An(K) ; Agung Dwi Wahyu Widodo,dr.Msi ; Tjatur Junanto,Drs.Amd.Kep ; Ali Syamlan,Drs.Apt.SE.MARS ; Mucharam,S.Kep.Ns ; dan Tim Dalin.
Materi dalam pelatihan antara lain ; Review PPI RS ; Aplikasi Patient safety di RS Jiwa ; Kendala Pelaksana Patient Safety di Rumah Sakit ; Antibiotik Stewardship ; MDRO Management ; Bunddle HAI’s ; Review Surveillans ( Pengelola Data – Analisa & Rekomendasi ) ; Review Manajemen Barang Steril ; Review Pengelolaan Lingkungan ; Audit Program PPI Rumah Sakit ; serta Review Pengelolaan Desinfektan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar