Kamis, 08 November 2012

Simposium dan Workshop Persiapan Sertifikasi JCI (Joint Commition International) di RSJ Dr.Radjiman Wediodiningrat Lawang




 Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan peningkatan mutu pelayanan yang telah menjadi komitmen RSJRW sebagai Satuan Kerja Pelayanan Kesehatan khususnya Pelayanan Kesehatan Jiwa di Indonesia. Pada hari Senin (22/10/12) diselenggarakan workshop dan symposium persiapan sertifikasi JCI (Joint Commission International).
Pendampingan Nursing Staff
Kegiatan yang diikuti oleh 70 orang peserta ini terdiri dari Pejabat Struktural dan Fungsional dari berbagai unit yang terlibat dalam proses persiapan sertifikasi JCI merupakan proses persiapan meraih sertifikasi JCI yang dilakukan RSJRW sesuai visi, misi dan renstra 2010-2014 yang menetapkan untuk menjadi Rumah Sakit Jiwa dengan Pelayanan dan Pendidikan Kesehatan Jiwa secara Paripurna mengacu pada Standar Pelayanan Kelas Dunia pada tahun 2015.
Facility Tour ke Instalasi Gizi
 Simposium dan workshop tersebut difasilitasi oleh Premysis Consulting yang melakukan pendampingan awal dalam memberikan pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang sistem Akreditasi JCI kepada segenap SDM di Rumah Sakit yang akan mengajukan sertifikasi JCI. Kegiatan ini akan dilakukan dalam dua tahap, yaitu Awarennes JCI pada 22-23 Oktober 2012 dan dilanjutkan kembali dengan Tracer/Audit pada 5-7 November 2012. 
Di era globalisasi, dimana masyarakat dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi, maka tentu juga berdampak pada meningkatnya tuntutan masyarakat akan kualitas pelayanan RS. Disamping itu, adanya peningkatan kompetisi di antara penyedia pelayanan kesehatan memberikan daya dorong pada sebuah RS untuk dapat memberikan mutu pelayanan yang berstandart internasional.
Diperlukan upaya yang sungguh-sungguh dan proses yang cukup kompleks, mengingat standart dan proses akreditasi JCI sangat berbeda dengan proses-proses akreditasi yang pernah dilakukan sebelumnya. Maka dengan kegiatan symposium dan workshop Persiapan Sertifikasi JCI ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman yang komprehensif terkait dengan JCI kepada seluruh pihak yang terkait dengan pelaksanaan akreditasi JCI, selain itu dapat pula melakukan penilaian awal terhadap kesiapan dan persiapan yang sudah dilakukan RSJRW, serta merumuskan langkah-langkah yang harus diambil dalam mewujudkan pelayanan kesehatan berstandart internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar