Kamis, 15 Maret 2012

Green Hospital dan Inspiring Action di RSJ Dr.Radjiman Wediodiningrat Lawang


Intruksi Menteri Dalam Negeri No. 14 Tahun 1988 mengemukakan bahwa ruang terbuka hijau memberikan manfaat sebagai berikut :
1. Memberikan kesegaran, kenyamanan dan keindahan lingkungan
2. Memberikan lingkungan bersih dan sehat
3. Memberikan hasil produksi berupa kayu, daun bunga, biji, serta buah atau hasil lainnya.

Udara alami yang bersih sering dikotori oleh debu, baik yang dihasilkan oleh kegiatan alami maupun kegiatan manusia. Langkah nyata dan kongkret mewujudkan Green Hospital sedang dirintis RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. Salah satu dari konsep yang sedang digagas adalah rencana memaksimalkan lahan tidur milik RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang yang jumlah total luasnya mencapai 295 hektare, dan sementara ini yang termanfaatkan hanya 20 persennya saja.

Konsep Green Hospital adalah lingkungan untuk mewujudkan kenyamanan ekologis bagi pasien serta warga masyarakat yang tinggal di sekitar lingkungan RSJ. Green Hospital adalah Rumah Sakit yang berwawasan lingkungan dan merupakan jawaban atas tuntutan kebutuhan pelayanan dari pelanggan Rumah Sakit yang telah bergeser ke arah pelayanan paripurna serta berbasis kenyamanan dan keamanan lingkungan rumah sakit.

Penghijauan adalah salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis lingkungan. Kegiatan menambah ruang terbuka hijau dengan penanaman 6.500 bibit tanaman di seluruh lahan milik RSJ dan di area sekitar mata air yang berlokasi ± 5 km dari RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang pada hari Rabu, 25 Januari 2012 dilakukan Dr. Bambang Eko Sunaryanto, Sp.KJ selaku Direktur Utama, bersama pasien yang masuk masa pemulihan, dokter, perawat, dan anggota dewan pengawas RSJ dilakukan sebagai upaya untuk menyongsong penerapan konsep Green Hospital di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang untuk mewujudkan lingkungan yang sehat dan aman, disamping itu terpenuhinya unsur kenyamanan ekologis dan estetika juga merupakan salah satu pertimbangan pasien dalam pemilihan rumah sakit.

Semoga melalui konsep Green Hospital di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk lebih tergugah sebagai wujud keperdulian lingkungan. Let’s keep our world green forever. (srs)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar