Kamis, 15 Maret 2012

Pendekatan Holistik pada Pelayanan Pasien Fisik Non Jiwa


Sejalan dengan perkembangan pelayanannya, RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang sekarang juga membuka layanan umum yang berbasis paripurna. Tidak hanya melayani kasus kejiwaan saja, tetapi juga menangani masalah kesehatan umum. Salah satunya adalah dengan dimilikinya Gedung Holistika Husada. Gedung yang terpisah dengan area rawat pasien jiwa ini telah memiliki fasilitas kamar operasi khusus sebagai tempat pasien umum yang menjalani rawat inap atau rawat jalan sesuai dengan diagnosanya.


Yang istimewa dari pelayanan di RS ini dan belum tentu ada di RS lain adalah terapi sebelum tindakan, sebagai contoh pasien yang akan menjalani operasi akan diberi psikoterapi agar pasien lebih tenang dan tidak takut menghadapi operasi yang dilakukan oleh ahlinya. Bahkan dalam tahun ini direncanakan akan diadakan pelayanan bedah minimal infasiv ( laparoskopi ) yang memiliki keuntungan mempercepat proses kesembuhan. Didukung oleh SDM yang kompeten di bidangnya dan suasana alam yang sejuk di area pegunungan diharapkan dapat membantu proses kesembuhan pasien.
Selain itu, RSJ. Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang yang melayani pasien umum juga melayani pasien Askes dan Jamkesmas ini juga memiliki 7 Dokter Spesialis Non Psikiater tetap antara lain spesialis penyakit dalam, spesialis bedah,spesialis obgyn, spesialis anak, spesialis radiologi dan patologi klinik yaitu dr.Aries Budianto,SpB , dr.Jumhur, SpOG,M.Kes , dr.Ni Luh Putu Herli Mastuti Sp.A , dr.Yunita,SpPD , dr.Hardadi A.SpPD , dr.Irawan,SpPK , dan dr.Etie Sulistiowati,Sp.R. Dengan didukung fasilitas Apotek dan Instalasi Gawat Darurat yang buka 24 jam yang dirancang khusus sesuai dengan fungsinya untuk memenuhi kebutuhan setiap elemen masyarakat akan pelayanan darurat. Program ini sebagai wujud perhatian penuh RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang akan kesehatan masyarakat. (srs)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar