Kamis, 15 Maret 2012

KUNJUNGAN VISITASI ASESOR KOLEGIUM PSIKIATRI INDONESIA


Hari ini, Kamis 16 Februari 2011, RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang menerima kunjungan / visitasi dari asesor Kolegium Psikiatri Indonesia dalam rangka meninjau Ekselensi Pendidikan Ilmu Kedokteran Jiwa sekaligus untuk menguji kelayakan dari RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang sebagai jejaring utama program pendidikan spesialis kesehatan jiwa.
RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang bukan hanya berperan internal, tetapi juga mempunyai peran eksternal kepada masyarakat dalam meningkatkan kesehatan jiwa di Provinsi Jawa Timur. Oleh karena itu, diadakan pelatihan spesialis psikiatri untuk dibentuk menjadi tenaga yang berperan memberi pelayanan juga sebagai tenaga pengajar yang unggul. Nantinya, para tenaga ahli ini akan ditempatkan di seluruh penjuru daerah, tujuannya agar tenaga-tenaga ahli ini bisa merambah ke seluruh pelosok, khususnya di Jawa Timur. Hal ini juga sebagai bentuk peran serta RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang dalam meningkatkan pendidikan psikiatri di Indonesia.
Asesor terdiri dari 3 orang, antara lain Guru Besar Ilmu Kedokteran Jiwa (Psikiatri) Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof.dr.Aris Sudiyanto SpKJ(K), Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof.Dr.dr.H.Soewandi MPH.SpKJ(K) dan dari Universitas Indonesia (UI) dr.H.Jan Prasetyo, SpKJ(K). Visitasi dibuka dengan sambutan dari Direktur Keuangan dan Administrasi Umum H. Suripto,SE.MARS mewakili Direktur Utama yang sedang bertugas ke Jakarta, presentasi profil singkat RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang oleh Direktur Medik dan Keperawatan, dr.Wini Agus SpKJ. Selanjutnya, para asesor melakukan verifikasi, validasi data dan penilaian kinerja melalui pengamatan lapangan, dan wawancara langsung dengan petugas, perawat, mahasiswa praktek, dokter muda dan pasien. Ruangan yang ditinjau antara lain Ruang Autis, Museum Kesehatan Jiwa, Klinik Rawat Jalan, Klinik Jiwa, IPCU, Ruang Elektromedis, Diklit dan terakhir mengunjungi layanan unggulan dari RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang yaitu Instalasi Psikogeriatri. Di tengah acara visitasi, Prof.Dr.dr.H.Soewandi MPH.SpKJ(K) menambahkan bahwa para Resident (calon spesialis psikiatri)  nantinya diharapkan juga mendapat hak yang layak, beliau juga berharap ada MOU yang jelas antara Fakultas dengan pihak RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. Hal yang sama juga disetujui oleh Prof.dr.Aris Sudiyanto SpKJ(K), beliau juga menambahkan jika metodologi pendidikan baiknya bisa ditambah agar kegiatan pengajaran bisa lebih variatif.      



   
Sebagai hasil evaluasi para asesor dari pertemuan di bagian psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB), diputuskan bahwa FK UB dengan RSJ Dr.Radjiman Wediodiningrat Lawang harus membuat MOU dengan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) selaku “bapak angkat” dari keduanya, maka RSJ Dr.Radjiman Wediodiningrat Lawang dapat menyelenggarakan Prodi Psikiatri, dan dapat secara mandiri melakukan perekrutan, pendidikan dan memberikan ijazah psikiater.





Semoga hasil dari visitasi kali ini dapat menjadi pendorong bagi RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang untuk selalu berusaha menjadi yang terbaik. (srs)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar